Catat!! Manakah yang Didahulukan Istri atau Ibu kandung ??

In Uncategorized 380 views

Seorang perempuan pada dasarnya selalu ingin menjadi nomor satu dalam hal kasih sayang, perhatian, termasuk nafkah. Jika kondisi finansial keluarga baik, mungkin tidak akan menjadi masalah. Yang jadi masalah adalah ketika kondisi finansial sedang tidak stabil. Kasusnya akan seperti tetangga saya tadi. Uring-uringan. Bahkan kalau yang levelnya parah, bisa sampai empet sama mertua sendiri. Ketika kondisinya seperti ini, biasanya seorang istri akan dilanda kegalauan. Dia sadar bahwa setelah menikah, sepenuhnya, dia menjadi tanggung jawab suami. Meskipun nafkah yang diterima dari suami kurang, malu dong jika harus minta lagi sama orangtua. Kecuali kalau memang kepepet banget. Bisa dipecat jadi menantu, suami kita. Dan di sisi lain, dia pun sadar bahwa ibu mertua adalah tanggungjawab suami juga. Pada bagian ini, (menurut saya), adalah battle terbesar bagi seorang istri ketika mengarungi bahtera rumah tangga. Dia harus sabar dengan berapa pun nafkah yang diberikan suami dan ikhlas manakala suami membagi perhatiannya kepada ibunya, ibu kita juga.

Dalam sebuah hadits shahih, diriwayatkan bahwa Aisyah Ra bertanya kepada Rasulullah Saw, ”Siapakah yang berhak terhadap seorang wanita?” Rasulullah menjawab, “Suaminya” (apabila sudah menikah). Aisyah Ra bertanya lagi, ”Siapakah yang berhak terhadap seorang laki-laki?” Rasulullah menjawab, “Ibunya” (HR. Muslim)

Kalau dibaca sekilas, kok kesannya nggak adil banget ya? Suami berhak pada istrinya, tapi yang berhak kepada suami adalah ibunya. Eeiit tapi tunggu dulu! Allah itu Mahaadil. Pada setiap ketetapan-Nya pasti ada kebaikan. Jika setelah menikah istri berhak pada suami, siapa yang akan mengurusi orangtua kita? Setiap pasangan pasti sibuk dengan pasangannya masing-masing tanpa menoleh pada orangtua.

Mungkin saat ini, seorang istri merasa merana karena tidak lebih berhak dari ibu mertuanya, namun setelah punya anak laki-laki, dia berhak pada anak laki-lakinya. Jadi berdoalah supaya mempunyai anak laki-laki soleh yang akan menjaga kita setelah kita tua nanti. Dan saat ini, jangan mencegah suami kita untuk menjadi anak soleh bagi ibunya.

Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya ketika kita bisa berpikir jernih dan mengkomunikasikannya dengan baik pada ibu mertua. InsyaAllah, orangtua akan mengerti keadaan kita ketika kita bicara baik-baik padanya. Orangtua mana sih, yang mau melihat anaknya susah?
Pengalaman saya sendiri, meskipun ibu mertua lebih berhak kepada suami, tapi beliaulah yang lebih sering mengalah. Allahu Akbar! Mungkin inilah kenapa Allah tak henti-hentinya memerintahkan kita utuk menghormati dan menyayangi orangtua kita.

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik baiknya” (QS. Al-Isra’:23).

Kesimpulannya, istri yang baik itu adalah seorang istri yang mengerti posisinya dimana dan dengan penuh keikhlasan melaksanakan setiap kewajibannya pada suami dan orangtuanya apa pun kondisinya.

#Tulisan ini lebih menjadi selfreminder bagi saya, karena sampai saat ini masih belajar dan berusaha untuk bisa menjadi istri yang baik bagi suami saya. Bukan bagi suami oranglain. #Apa sih?

Kisah seorang sahabat Rasulullah, Alqamah, bisa kita jadikan contoh. Alqamah terkenal seorang yang wara’ dan ahli ibadah, namun ketika sakaratul maut tiba dia tidak bisa mengucapkan kalimat tauhid. Setelah ditelusuri, ternyata dosanya pada ibunyalah yang menyebabkan dia begitu menderita ketika sakaratul maut. Setelah menikah dia kurang memperhatikan ibunya, dan menyebabkan ibunya sakit hati.

 

sumber:www.eramuslim.com
author
Author: 
    Perilaku-perilaku Durhaka Suami Terhadap Istri Yang Dibenci Allah
    Perilaku-perilaku Durhaka Suami Terhadap Istri Yang Dibenci Allah
    Tanpa kita sadari dalam kehidupan keluarga tidak
    Nasehat :Kisah Suami yang Begitu Setia Kepada Istrinya
    Nasehat :Kisah Suami yang Begitu Setia Kepada Istrinya
      Suami adalah pemimpin kepada keluarganya dan

    Leave a reply "Catat!! Manakah yang Didahulukan Istri atau Ibu kandung ??"

    Must read×

    Top