Catat!! Manakah yang Didahulukan Istri atau Ibu kandung ??

In Uncategorized 311 views

Sedangkan kedudukan laki-laki itu terhadap istrinya adalah suami baginya. Seorang suami berkewajiban menjaga, memelihara dan mengarahkannya didalam perkara-perkara yang diridhoi Allah swt sedangkan istri berkewajiban mentaati perintah suaminya selama perintah itu tidak dalam perkara-perkara maksiat kepada Allah swt, seperti hadits diatas,”Seandainya aku (dibolehkan) memerintahkan seseorang untuk sujud kepada orang lain maka pasti aku perintahkan seorang istri untuk sujud kepada suaminya.” (HR. Muslim)

Hal lain yang bisa dijadikan sebagai suatu alasan mengapa ketaatan seorang laki-laki kepada ibunya lebih didahulukan daripada istrinya adalah kaidah fiqih ”Apabila pokoknya tidak ada maka tidak ada pula cabangnya.”. Anak adalah cabang dari induknya, yaitu ibu dan ayah. Tidak akan ada diri anak tersebut tanpa keberadaaan ibu dan ayahnya.

Sedangkan istri bukanlah pokok atau induk baginya, ia adalah mitra yang berdiri sejajar dengan suaminya didalam kehidupan berumah tangga. Apabila diposisikan istri tidaklah berada diatas suaminya sebagaimana ayah maupun ibu suaminya namun ia berada disamping suaminya.

Jadi jika tidak ada ibu maka tidak ada laki-laki itu (anaknya) dan tidak ada pula hubungan orang itu sebagai suami bagi istrinya itu.

 

Siapa yang Harus Didahulukan Suami? istri atau Ibu?

“Iya kalau lebih, Teh. Ini mah kurang, masih mau ngasih. Harusnya, kalau kebutuhan kita udah bisa terpenuhi baru ngasih ke ibunya.”

Suatu hari, dengan nada bicara yang diselimuti kekesalan, tetangga saya bercerita. Dia bercerita akan kebiasaan suaminya yang selalu memberikan sebagian  penghasilannya kepada ibunya. Tetangga saya tidak ridho karena pengasilan suaminya terlalu kecil untuk dibagi dengan ibu mertuanya.
Speechless saya mendengarnya. Betapa sering masalah penghasilan dan siapa yang harus didahulukan suami, menjadi pemicu kekurang-harmonisan antara anak dan ibu mertua.

Mendengarnya bercerita, saya jadi teringat masa-masa ta’aruf dulu dengan suami. Dia sempat menanyakan pendapat saya, bagaimana kalau nanti penghasilannya diberikan sebagian kepada ibunya. Entah mau ngetes kualitas calon istrinya atau apa, dia menanyakan hal itu disamping hal-hal lain yang krusial mengenai persiapan rumah tangga kami kelak. Untungnya jawaban saya tak membuatnya kecewa. Waktu itu saya menjawab, bahwa merawat orangtua memang kewajiban setiap anak. Apalagi, kondisinya, ibu mertua saya seorang janda. Sudah tentu anaknya yang bertanggungjawab. Disamping itu saya pun pernah membaca, bahwa setelah menikah, anak laki-laki tetap milik ibunya. Berbeda dengan perempuan, yang setelah menikah menjadi tanggungjawab suaminya. Kala itu, saya baru mengetahui sebatas ilmunya saja, namun dalam teknis pelaksanaannya saya tidak tahu.

Setelah menikah, barulah saya mengerti bagaimana susahnya me-manage perasaan antara keinginan dinomor satukan suami dan kewajiban menghormati ibu mertua yang seharusnya dinomor satukan oleh suami. * ribet ya bahasanya? 🙂

author
Author: 
    Perilaku-perilaku Durhaka Suami Terhadap Istri Yang Dibenci Allah
    Perilaku-perilaku Durhaka Suami Terhadap Istri Yang Dibenci Allah
    Tanpa kita sadari dalam kehidupan keluarga tidak
    Nasehat :Kisah Suami yang Begitu Setia Kepada Istrinya
    Nasehat :Kisah Suami yang Begitu Setia Kepada Istrinya
      Suami adalah pemimpin kepada keluarganya dan

    Leave a reply "Catat!! Manakah yang Didahulukan Istri atau Ibu kandung ??"

    Must read×

    Top